Selasa, 11 Juni 2013

Kentang Unggul 'Super John' Ternyata Ditemukan Oleh Petani Modoinding


Sumber Berita :
http://manado.tribunnews.com/2013/06/11/bertemu-super-john
TRIBUNMANADO.CO.ID, MODOINDING -  NAMA varietas kentang Super John sudah tak asing lagi bagi petani Modoinding. Kentang jenis itulah yang banyak ditanami masyarakat. Lalu siapakah penemu varietas ini?  Ternyata  Super John diambil dari nama penemunya yakni John Walukow,  warga Makaruyen yang sehari-hari juga bekerja sebagai petani.

Ditemui Tribun Manado, Senin (10/6), John menceritakan awalnya dia menanam kentang jenis Granola di kebunnya. Umbinya besar saat pertama kali ditanam. Namun, lama-kelamaannya terus menciut umbinya. Suatu hari di tahun  1993, John menemukan satu di antara beberapa pohon kentang yang ditanamnya memiliki fisik yang berbeda. Batangnya lebih besar, daunnya pun  lebih rindang.

"Saya lihat satu pohon tersebut berbeda dari yang lain. Besarnya dua kali kali lipat dari yang lain. Nah, dari situ saya mulai teliti dan ternyata umurnya juga lebih panjang," kata John. Saat dipanen, ternyata ada 30 umbi dan besar‑besar."Bibitnya saya pisah sendiri kemudian tanam lagi. Perlakuan sama dengan kentang lainya. Lagi-lagi ukuran umbinya jauh lebih besar daripada  kentang biasa dan jumlah umbinya jauh lebih banyak," jelasnya.

Pada 1999 ia panen 100 koli dan semuanya dijadikan bibit lalu tersebar ke petani Modoinding. "Kentang Super John sangat laris di pasaran karena umbinya bagus, tidak mudah rusak, kulitnya tidak mudah terkupas, ukurannya juga besar‑besar. Yang paling besar beratnya sampai 8 ons," tuturnya.

John Walukow mengaku sudah kerap diundang menjadi pembicara dalam berbagai kegiatan seperti di Manado. "Mereka bilang kentang Super John  itu hasil mutasi spontan alam," jelas dia.  Menurut John, dia menemukan varietas unggul itu dari kegemarannya melakukan penelitian dan percobaan, meski dia tidak memiliki latar belakang pendidikan pertanian. Semata berdasarkan pengalamannya sebagai petani selama 36 tahun. "Nama Super John itu masyarakat dan petani yang beri, bukan saya," kata John sambil tersenyum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mohon maaf bila tidak bermanfaat..
Tapi bila bermanfaat, silahkan di share ke teman-teman yang lain...

Daftar Blog 'Orang Kampoeng'